Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Jumat, Juli 10, 2009

Sultan: Tidak Usah Cari Kambing Hitam


Kamis, 9 Juli 2009 | 22:22 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Dewan Penasihat Partai Golkar, Sultan Hamengku Buwono X, mengingatkan jajaran Partai Golkar untuk tidak mencari kambing hitam atas kekalahan calon presiden yang diusung Partai Golkar, Jusuf Kalla, pada Pilpres 8 Juli 2009. Sultan juga mengingatkan elite Partai Golkar harus tetap kompak dan tidak saling sikut sendiri agar tidak merugikan rakyat.

"Kalau memang kalah, ya kalah. Enggak usah cari kambing hitam," ungkap Sultan saat ditanya wartawan tentang munculnya isu mengganti Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla karena kekalahan telak dalam Pemilu Presiden 2009, Kamis (9/7) di Yogyakarta. Menurut Sultan, jika terjadi saling sikut di internal organisasi partai, ujung-ujungnya adalah untuk kekuasaan saja.

"Karena itu, justru ini akan merugikan rakyat. Ya memang pilihan masyarakatnya ke SBY, faktanya kan itu, ya sudah," ucapnya.

Jika saat ini sudah muncul isu Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar untuk mengganti JK, menurut Sultan, bertujuan mendelegitimasi Partai Golkar untuk kepentingan-kepentingan kekuasaan saja di Golkar. "Kalau saya tidak setuju dengan cara begitu," ungkapnya.

Sultan menilai masih terlalu dini untuk mengatakan, salah satu pasangan capres-cawapres sudah menang. Sebab, penghitungan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum selesai. Keputusan akhir penghitungan tetap berada di KPU.

Lebih lanjut, Sultan mengatakan, dalam negara demokrasi, kekalahan dalam pilpres adalah wajar. Karena itu, Partai Golkar tidak masalah jika nanti memutuskan menjadi partai oposisi setelah kalah dalam pemilihan legislatif dan pilpres. Pilihan oposisi tetap baik dan pilihan terhormat. Namun, Sultan menyerahkan sepenuhnya pilihan sikap Partai Golkar ke depan kepada pengurus partai Golkar. "Kalaupun jadi oposisi tidak masalah, wong ini demokrasi," katanya.

Menurut Sultan, faktor utama kekalahan pasangan JK-Wiranto bukan akibat partai. Sebab, pilpres berbeda dengan pileg. Dalam pileg, peran partai sangat besar. "Partai ini kan sebetulnya bukan faktor utama. Rata-rata capres punya tim sukses sendiri, pada waktu aktivitas kampanye kan tidak pakai seragam partai karena ini bukan pileg," katanya.

Figur capres juga menentukan pilihan masyarakat. Menurut Sultan, kampanye yang dilakukan pasangan JK-Wiranto sebenarya sudah berjalan dengan baik. "Ya memang pilihan masyarakatnya ke SBY, faktanya kan itu," ungkapnya.


RWN


Sumber: Kompas



Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP