Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Senin, Juli 06, 2009

Logistik Pilpres Terdistribusi Cukup Baik

Senin, 06 Juli 2009 21:29 WIB
Penulis : Dinny Mutiah

JAKARTA--MI: Badan Pengawas Pemilu menyatakan pendistribusian logistik baik surat suara maupun tinta dan segel terdistribusi cukup baik. Pasalnya, desain surat suara yang digunakan lebih sederhana dan berlaku sama untuk seluruh tempat dimana pemilu terselenggara.

"Dari sisi logistik, mereka kali ini lebih siap. Ini mungkin disebabkan surat suaranya lebih mudah, lebih sedikit, dan simpel. Persoalan justru terjadi saat pencetakan dimana CV. Fajar yang mencetak untuk di Makassar, menyewa mesin di tempat lain," kata anggota Bawaslu Agustiani Tio SF kepada Media Indonesia di Jakarta, Senin (6/7).

Laporan panwas setempat tentang distribusi surat suara, tinta dan segel per tanggal 4 Juli 2009, baru mencapai 19 provinsi. Atas hal ini, Agustiani menyatakan keheranannya atas kinerja lambat bawahannya.

Padahal, ia telah menginstruksikan agar panwas setempat segera menginformasikan situasi terakhir soal logistik. Terhadap data sementara ini, ia menyatakan kekhawatiran terjadinya keterlambatan pengiriman logistik di Papua. "Papua saya dengar terlambat distribusinya dari KPU kab/kota. Saya khawatir ini tidak terdistribusi tepat waktu hingga di TPS," lanjutnya.

Ia juga menyatakan kekhawatiran atas potensi kekurangan surat suara jika Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan pengunaan kartu identitas, seperti KTP dan paspor, dalam pelaksanaan pemilu. Menurutnya, belum tentu juga jika logistik yang sudah dipersiapkan dapat memenuhi semua pemilih meski ada surat suara yang tidak akan digunakan akibat pemilih ganda.

"Kalau KTP ini diakomodir, Bawaslu nggak pada koridor menjawab itu. Fokus Bawaslu adalah terhadap pencegahan terjadinya pelanggaran. Walaupun ada ganda tercoret, yang tercoret ternyata tidak sebesar pemilih yang menggunakan KTP, bagaimana," ujarnya. (DM/OL-03)





Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP