Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Senin, Juli 06, 2009

Penggunaan KTP Permudah Rakyat

Pemungutan Suara

Senin, 06 Juli 2009 19:20 WIB
Penulis : Akhmad Mustain


JAKARTA--MI: Sempitnya waktu yang tersisa menjelang pilpres akan mempersulit Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbaiki daftar pemilih tetap (DPT). Untuk itu, syarat KTP bagi rakyat yang belum terdaftar bisa dijadikan solusi yang mempermudahkan rakyat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Untuk rakyat yang mempunyai hak memilih, pemerintah atau KPU bisa menyediakan cara yang paling mudah untuk menggunakan haknya," ujar Sri Sultan Hamengkubuwono X di Jakarta, Senin (7/7). Menurutnya penggunaan KTP bagi rakyat yang belum terdaftar dalam DPT bisa menjadi salah satu solusinya. Tidak hanya KTP, keberadaan TPS harus dibuat dengan maksud mempermudah partisipasi rakyat. "KTP silakan saja kalau memang itu memudahkan," imbuhnya.

Mengenai keharusan membuka DPT, Sultan menganggap berkas itu memang seharusnya di buka. Hanya saja praktiknya, keterbukaan DPT itu tergantung pula pada tiap-tiap KPUD. Keterbukaan ini diperlukan pula untuk menghindari pro-kontra yang berkelanjutan.

"Jangan sampai ada kasus tidak jujur lagi. Kasus pemilu legislatif harus menjadi cerminan untuk pelaksanaan pilpres," pintanya.

Sultan khawatir pemerintah pusat, khususnya Presiden, akan lepas tanggung jawab terhadap persoalan DPT ini. Apalagi, ungkapnya, Presiden telah mengeluarkan Keppres yang meminta gubernur, bupati, dan wali kota ikut bertanggung jawab terhadap masalah DPT. Ia cemas karena Presiden bisa berdalih bahwa masalah ini sudah dialihkan ke pemerintah daerah. (*/OL-06)





Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP