Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Kamis, Mei 21, 2009

Pelajar Indonesia Raih Emas dan Perak Dalam Project Olympiad


Kamis (23/04), empat pelajar Indonesia tiba di tanah air usai berlaga dalam ISWEEEP (International Sustainable World Energy, Engineering, and Environment Project Olympiad) di Houston, Texas, AS, pada 15-20 April silam. Keempat pelajar tersebut berhasil meraih satu medali emas dan satu perak. Mereka adalah Dede Chyntia dan Evelyn Wibowo dari SMA Santa Laurensia, Reza Dwi Aji dan Luthfi Rais dari SMA Pribadi Depok. Kedatangan mereka di terminal 2D bandara internasional Soekarno – Hatta, Cengkareng disambut Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dr. Sungkowo M beserta staf direktorat, media massa, keluarga, dan teman-teman sekolah mereka.
















I SWEEP 2009
diikuti oleh 60 negara, termasuk 40 diantaranya adalah negara-negara bagian di Amerika Serikat. Total penelitian yang diikuti peserta berjumlah 420 project. Delegasi Indonesia mengirimkan dua tim pada ajang ini. Mereka terpilih mewakili Indonesia setelah sebelumnya mengikuti kompetisi ISPO (Indonesian Science Project Olympiad) yang dilaksanakan pada 11 – 13 Maret lalu di Balai Kartini, Jakarta.

Dalam penelitiannya di bidang lingkungan, Dede Cintya dan Evelyn Lee memaparkan tentang penggunaan debu terbang hasil pembakaran batu bara untuk mengurangi keasaman pada air hujan/acid rain, polusi udara, dan kandungan logam berat pada limbah. Penelitiannya ini diberi judul “Reducing Acid Rain, Gas Pollutant, and Heavy Metal by Using Charcoal’s Combustion Waste”. Melalui penelitian tersebut, Dede dan Evelyn dianugerahi medali emas. Sementara Luthfi dan Reza memperoleh medali perak dari judul penelitiannya “New Device for Getting Maximum Benefit From Solar Energy”. Luthfi dan Reza mengambil penelitian bidang energi yang menjabarkan tentang bagaimana memaksimalkan energi matahari untuk digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Persiapan yang dilakukan mereka untuk penelitian ini berlangsung selama 6 bulan. Alasan memilih penelitian tersebut karena bersifat multifungsi. “Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menjemur pakaian, membantu nelayan menangkap ikan di laut, dan membantu perkembangan industri-industri kecil. Mudah-mudahan untuk ke depan, penelitian ini bisa dikembangkan lagi lebih maksimal.” Kata Reza.

“Oya, waktu tiba di bandara Houston, alat-alat kita sempat rusak. Ada satu komponen yang patah dan kabel-kabel penghubungnya putus. Kejadian ini sempat menyulitkan kita saat presentasi, karena alat yang digunakan kurang dapat bergerak dengan maksimal. Jadi, peluang kita mendapatkan emas, tipis.” Tutur Luthfi.

Dr. Sungkowo menyampaikan selamat kepada para juara usai mengalungkan medali. Menurutnya, kita patut bersyukur atas kemenangan ini dan memberikan penghargaan kepada mereka. Meskipun ajang ini tidak sepopuler olimpiade sains lainnya, tapi sudah cukup membuktikan bahwa prestasi anak-anak Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat dunia. ”Ini adalah prestasi kedua kita di awal tahun 2009. Saya berharap akan ada prestasi-prestasi selanjutnya dalam bidang project olympiad dan di bidang olimpiade sains hingga penghujung 2009 nanti. Sehingga perolehan target medali di tingkat SMA untuk tahun ini bisa lebih banyak lagi dibandingkan tahun kemarin,” ujar Direktur Pembinaan SMA.

Selain penghargaan berupa medali, keempat pemenang juga memperoleh hadiah berupa uang tunai sebesar 1000 US dollar untuk peraih medali emas dan 750 US dollar bagi peraih perak. Khusus bagi Reza dan Luthfi juga mendapatkan beasiswa pendidikan senilai US$ 32.000 dari Fatih University. (Rinda)



Sumber: Potensi

Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP