Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Jumat, April 10, 2009

Pengamat: Golkar Bangkrut Tanpa Akbar Tandjung

Kamis, 09/04/2009 21:48 WIB
Irwan Nugroho - detikPemilu



Jakarta - Berdasarkan hasil penghitungan cepat (quick count) sejumlah lembaga survei, perolehan suara Partai Golkar merosot tajam. Hal ini diduga karena faktor lemahnya kepemimpinan Jusuf Kalla di tubuh partai berlambang pohon beringin itu.

"Apa yang terjadi pada Golkar hari ini menunjukkan bahwa Golkar bangkrut tanpa Akbar Tandjung," kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Diponegoro, Semarang, Yulianto, kepada detikcom, Kamis (9/4/2009).

Yuli menilai, unggulnya Golkar pada Pemilu 2004 disebabkan oleh kuatnya kepemimpinan, terutama ketua umumnya waktu itu, Akbar Tandjung. Akbar mengatur partai dengan serius dan memelihara kesetiaan kader dengan cara sesering mungkin turun ke bawah.

Tapi hal itu berubah sejak JK tampil memimpin Golkar. Menurut Yuli, kader Golkar di bawah kepemimpinan JK telah kehilangan figur yang mampu meyakinkan Golkar layak sebagai partai masa depan.

Akibatnya, banyak kader Golkar yang menjauh dan memilih untuk berpindah ke partai lain seperti Hanura, Gerindra, dan juga Demokrat. Di beberapa basis Golkar di Jawa Tengah, lanjut Yuli, Golkar sepi peminat.

"Saya bukan berarti mengkampanyekan Akbar. Tapi inilah resiko kepemimpinan Golkar yang penuh dengan uang dan tidak memperhatikan kader," pungkasnya. ( irw / yid )

Sumber: Detik Pemilu

Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP