Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Jumat, April 10, 2009

Hafiz: KPU Sudah Bekerja Maksimal

By Republika Newsroom
Jumat, 10 April 2009 pukul 14:32:00

JAKARTA--Meski berbagai permasalahan muncul pada hari pemungutan suara, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) menanggapinya dengan dingin. KPU merasa sudah melakukan semua hal untuk kesuksesan pemilu. Mereka berharap, pihak yang tidak puas bisa menerima kekurangan.

“Orang menilai apa pun itu hak mereka,” kata Ketua KPU, Abdul Hafiz Anshary, di kantornya, Jumat (10/4). Dia menambahkan, tidak ada pekerjaan lain yang dilakukan oleh komisioner KPU selain untuk menyukseskan pemilu. Pekerjaan tersebut, lanjutnya, sudah dilakukan sejak pertama kali dilantik.

“Kita suda bekerja maksimal,” kata Hafiz singkat. Menurut dia, semua masalah yang ada dalam pemilu diselesaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Masalah kecil yang terjadi saat ini, lanjutnya, sebagian besar merupakan masalah yang di luar kekuasaan manusia untuk menanganinya.

Hafiz mencontohkan, sebanyak ratusan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga kabupaten/kota di Provinsi Papua belum menerima kiriman logistik pemilu. “Itu terjadi karena pengaruh alam, bukan karena keterlambatan,” katanya. Di beberapa daerah, lanjutnya, logistik terendam banjir yang sulit dihindarkan.

Hafiz mengklaim bahwa pelaksanaan pemungutan suara berlangsung aman dan lancar. “Jika dibandingkan dengan pemilu sebelumnya, sekarang kan aman,” katanya. Dia menambahkan, pada pemilu 1997 terjadi banjir darah. Saat ini, lanjutnya, masalah-masalah kecil sudah bisa diatasi.

Ketika ditanya antisipasi KPU untuk menghadapi gugatan hukum atau class action dari pihak yang tidak puas terhadap hasil pemilu, Hafiz menambahkan, pihaknya sudah siap. “Silakan saja mengajukan gugatan, itu hak mereka,” ujar Hafiz bernada tegas.

Meski demikian, lanjutnya, KPU tidak menyiapkan tim hukum yang khusus menangani masalah gugatan tersebut. “Kita punya Biro Hukum saja, tim hukum khusus itu belum dibentuk,” ujarnya. Dia berharap, pihak-pihak lain jangan hanya melihat hal yang kurang saja dari KPU.

“Kami sudah mendapat banyak ucapan selamat dari banyak pihak,” katanya. Dia menambahkan, lembaga pemilu di Malaysia mengaku puas dan bangga atas pelaksanaan pemilu di Indonesia. Menurut Hafiz, pelaksanaan pemilu di Indonesia berlangsung lancar. ikh/kem

Sumber: Republika

Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP