Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Jumat, April 10, 2009

Komnas HAM Desak Kejagung Segera Kasasi Vonis Muchdi

Jumat, 2 Januari 2009 | 11:49 WIB

JAKARTA, JUMAT — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendesak Kejaksaan Agung segera mengajukan kasasi atas putusan bebas yang dikeluarkan PN Jakarta Selatan terhadap terdakwa kasus pembunuhan Munir, Muchdi Purwoprandjono.


Hal itu disampaikan Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim dalam jumpa pers di Gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat, Jumat (2/12). Dengan tidak bermaksud mencampuri kewenangan dan independensi lembaga peradilan, Komnas HAM berpendapat, putusan bebas tersebut telah mengakibatkan hilangnya rasa keadilan publik, terutama keluarga korban.

"Komnas HAM menyatakan keprihatinan atas putusan PN Jakarta Selatan. Dalam rangka memberikan kepastian hukum untuk penuntasan kasus pembunuhan Munir dan guna memberikan rasa keadilan kepada keluarga korban, Komnas HAM mendesak agar Kejaksaan Agung segera mengajukan kasasi terhadap putusan tersebut," kata Ifdhal.

Hak untuk memperoleh keadilan melalui proses hukum di institusi peradilan, menurut Ifdhal, tidak diperoleh. "Kami melihat proses hukum yang seharusnya obyektif tidak terpenuhi dalam proses pengadilan (kasus) Munir. Banyak saksi yang memberikan pernyataan di penyidik menarik BAP-nya di persidangan," lanjutnya.

Selain itu, tidak dihadirkannya saksi Budi Santoso juga mempunyai andil dalam menggugurkan dakwaan jaksa dan proses panjang penyidikan yang dilakukan Bareskrim Polri. Pencabutan BAP tersebut, diyakini, memengaruhi hakim dalam mengambil keputusan. Sementara itu, Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Internal Ridha Saleh memandang putusan ini sebagai preseden buruk bagi penegakan HAM di Indonesia.

Inggried Dwi Wedhaswary

Sumber: Kompas

Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP