Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Rabu, Juni 17, 2009

Tuding Lembaga Survei Tak Independen Puskaptis Akan Somasi Direktur LSN Umar S Bakrie


Selasa, 16/06/2009 19:54 WIB

Muhammad Nur Hayid - detikPemilu

Jakarta - Tudingan Direktur Lembaga Survei Nasional (LSN) Umar S Bakrie yang mengatakan bahwa semua lembaga survei di Indonesia tidak independen berbuntut panjang. Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husin Yazid tidak terima dengan penilaian itu dan akan mensomasi Umar S Bakri jika tidak melakukan klarifikasi.

"Tudingan Umar Bakri sebagai Direktur LSN tidak berdasar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Kami dari Puskaptis meminta klarifikasi kepada Umar, kalau tidak, saya akan melakukan somasi," kata Yazid kepada detikcom, Selasa (16/6/2009).

Menurut Yazid, dengan tudingan Umar S Bakri itu, pihaknya merasa dirugikan nama baiknya kerena selama ini lembaganya dalam melakukan survei selalu menggunakan dana operasional survei yang berasal dari perusahaan miliknya.

"selama ini kami independen. Dana survei kami diperoleh dari kelompok Survei Group yang berbendera PT Surya Cipta Utama," paparnya.

Yazid mengaku telah menghubungi Ketua Perhimpuan Survei Opini Publik yang juga direktur lembaga survei Cirus Andrinov Chaniago. Bersama Andrinov dia akan mensomasi Umar Bakri Kamis (18/6).

Yazid menambahkan sangat tidak etis jika lembaga survei saling membuka isi dapurnya di depan publik. "Soal independen atau tidak, biar publik yang menilai. Jangan membuka aib di depan umum. Kalau memang lembaganya menerima bantuan, jangan katakan lembaga lain juga melakukan hal yang sama," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Lembaga Survei Nasional (LSN) Umar S Bakri meyakini lembaga survei di Indonesia tidak ada yang independen. Keterbatasan dana membuat lembaga survei didanai oleh pihak tertentu untuk melakukan survei.

"Secara finansial saya yakin 6 lembaga survei tidak ada yang independen," ujar Umar dalam Diskusi Terbatas Ilmu Komunikasi, di Universitas Paramadina, Jl Gatot Subroto, Selasa (16/6/2009).

6 lembaga survei itu antara lain Lembaga Penelitian, Pendidikan, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Lembaga Survei Indonesia (LSI), Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Lembaga Survei Nasional (LSN), Cyrus Surveyor Group dan Puskaptis.

Tidak independennya lembaga survei secara finansial, diakui oleh Umar karena faktor biaya yang tidak murah saat melakukan survei. "Tidak ada yang independen gunakan dana sendiri, karena dana untuk survei bisa hampir 1 miliar lebih," ungkapnya.

Meskipun ada pihak tertentu yang membiayai survei Umar meyakini, untuk hasil dan akurasi survei dan quick count masih kredibel bisa dipertanggung jawabkan. "Kami pastikan hasilnya kredibel," tandasnya.

( yid / ndr )

Sumber: detik Pemilu


Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP