Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Selasa, Juni 16, 2009

Mendiknas Harapkan Supremasi Olahraga dalam O2SN



Ditulis oleh Billy Antoro, tanggal 15-06-2009

Bogor (Mandikdasmen): Indonesia telah menunjukkan supremasi ditingkat dunia pada bidang sains dan matematika. Diharapkan, lewat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Indonesia juga dapat menunjukkan supremasinya. “Kegiatan O2SN merupakan upaya sistematis untuk meletakkan pondasi dan tradisi unggulan di bidang olahraga bagi siswa-siswi SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB,” kata Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA., Menteri Pendidikan Nasional, Senin (15/6).

Harapan tersebut disampaikan Bambang Sudibyo dalam sambutannya saat membuka O2SN di Sentul International Convention Centre, Bogor, Jawa Barat. Olahraga sebagai program pendidikan, tambahnya, ditujukan untuk meningkatkan kesehatan, kebugaran dan disiplin siswa. “Olahraga seperti halnya beribadah, seperti halnya makan-minum, kebutuhan yang dilakukan secara rutin, teratur, dan disiplin yang tinggi,” ujarnya.

Bambang Sudibyo berharap olahraga dapat bertumbuh menjadi suatu industri sehingga dapat menyediakan lapangan pekerjaan, baik bagi atlet maupun orang-orang yang berprofesi di bidang olahraga. “Menjadikan olahraga sebagai industri merupakan bagian dari usaha kita untuk menumbuhkan ekonomi kreatif,” ucapnya. “Sehingga olahraga dapat menjadi motor pertumbuhan ekonomi indonesia.”

Sementara Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas Prof. Suyanto, Ph.D., dalam sambutannya mengatakan, tujuan penyelenggaraan O2SN guna mengembangkan bakat dankerativitas siswa di bidang olahraga. “Ini dalam rangka membentuk sikap dan pribadi yang bugar jasmani dan rohani, kompetitif, dan sikap sportif yang mau dan mampu menghargai prestasi orang lain,” katanya.

Pada tahun ini terdapat 15 cabang olahraga yang dilombakan, seperti atletik, senam, renang, dan sepak bola. Ada 5.297 atlet yang berlaga dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, hingga SLB. “Jumlah ini menunjukkan minat para siswa terhadap cabang olahraga yang selama ini kita kompetisikan,” tegasnya.

Acara ini juga dapat menumbuhkan semangat toleransi dan apresiasi terhadap prestasi orang lain. “Saya yakin ini menunjukkan kreativitas yang tinggi,” ujar Suyanto saat ditemui usai acara pembukaan.

Bambang Sudibyo memberikan janji pada peraih medali O2SN, bahwa mereka akan direkrut sebagai delegasi Indonesia dalam Youth Olympic Games di Singapura pada 2010.




Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP