Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Jumat, Juni 19, 2009

Pengamat: Debat Capres Tidak Ada Gunanya


Kamis, 18 Juni 2009 | 22:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksanaan debat capres seperti yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang digelar Kamis (18/6) malam ini, dinilai tidak akan memengaruhi pemilih untuk memberikan suaranya. Hal tersebut disampaikan pengamat politik LIPI Syamsuddin Haris, saat Nonton Bareng Debat Capres Bersama Pengamat, di Media Center KPU, Jakarta.

"Ini tidak ada gunanya. Karena pendukung masing-masing capres ini sudah menetapkan pilihannya masing-masing. Jadi tidak akan berubah setelah nonton debat ini," kata Syamsuddin.

Kendati demikian, lanjut Syamsuddin, ada kelas pemilih pengambang (swing voter) yang masih bisa berubah pilihannya. Namun, golongan ini terbilang sedikit dan dinilai tidak akan memberikan perubahan suara yang signifikan.

"Dalam aktivitas kampanye yang waktunya pendek ini yang mudah berubah hanya swing voter yang terdiri dari pemilih menengah. Kalau di level bawah apa pun yang diomongkan capres, tidak berpengaruh," tuturnya.

Hal senada disampaikan Direktur Pusat Kajian Politik UI Sri Budi Eko Wardani. Menurutnya, saat ini pemilih telah memantapkan pilihannya dalam pilpres mendatang. Diperkirakan, hanya sekitar 20 persen pemilih di masing-masing kandidat masih bisa berubah pilihannya.


Sumber: Kompas




Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP