Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Selasa, Juni 02, 2009

Perlu Ada Kotak Suara untuk Golput

Selasa, 2 Juni 2009 - 16:02 wib
Irma Yani - Okezone

JAKARTA - Golongan putih (golput) bukan merupakan kekufuran politik. Oleh karena itu Setara Institut meminta agar golput diukur secara resmi, misalnya dengan menyediakan satu kotak untuk golput saat pemilihan nanti.

Menurut Ketua Badan Pengurus Setara Institut Hendardi, di dalam negara demokrasi pada kenyataannya terlihat semakin banyak orang yang tidak memilih. Hal ini bisa karena seseorang tidak punya pilihan-pilihan politiknya, karena itu tidak bisa dikriminalisasi dan didiskriminisasi.

"Misalnya ada satu kotak untuk golput, sehingga orang yang secara sadar tidak memilih karena tidak ada pilihan itu, bisa dihitung secara cermat," katanya di acara diskusi bertajuk "Maklumat untuk Demokrasi dan Hak Asasi; Seruan Kritis Setara Institut untuk Pilpres 2009" di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Selasa (2/6/2009).

Hal tersebut bertujuan agar golput juga tidak dijadikan sekadar suatu perdebatan karena adanya kesalahan administrasi atau minimnya kesadaran politik, melainkan tercacat jelas sebagai orang yang tidak memilih.

"Ini bukan kekufuran politik. Jumlah warga negara tidak bisa dibagi habis untuk urusan kekuasaan politik, jumlah warga negara lebih besar daripada parpol. Data golput itu justru yang tidak pernah diukur secara resmi," tandasnya.

Hendardi menyesalkan seringnya golput dianggap sebagai kemalasan warga negara atau tidak adanya kesadaran politik. Hal itu kemudian dijadikan alat politik oleh masing-masing pihak dan digembar-gemborkan sebagai kesalahan DPT.

"Ini juga supaya tidak ada karut marut semacam itu," pungkasnya. (lsi)

Sumber: OkeZone



Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP