Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Jumat, Juli 03, 2009

Wartawan Dipukul Saat Liput Boediono

Jumat, 3 Juli 2009 | 16:45 WIB |
Posts by: Sugeng Wibowo |
Kategori: Berita Terkin

PONTIANAK | SURYA Online - Wartawan Harian Borneo Tribune Pontianak, Rizky Wahyuni, melapor ke Kepolisian Kota Besar (Poltabes) Pontianak, setelah menjadi korban kekerasan saat meliput kedatangan Calon Wakil Presiden, Boediono, di Pontianak, Jumat (3/7).

Rizky terlihat mengalami luka lebam di pipi kirinya, saat ditemui wartawan di ruang pemeriksaan Poltabes Pontianak. Menurut ia, aksi pemukulan oleh oknum anggota pengamanan calon presiden tersebut terjadi saat ia hendak mewawancarai calon wakil presiden Boediono.

Kronologis kejadian menurut wartawan itu, Cawapres Boediono tiba di Hotel Kapuas Palace Pontianak, sekitar pukul 10:30 WIB. Boediono langsung melakukan orasi politik di hadapan pendukungnya.

Selesai berorasi pukul 11:30 WIB, Boediono dan rombongan melaksanakan shalat Jumat di Masjid Mujahidin.

Setelah shalat itu, rombongan wartawan cetak dan elektronik lokal berusaha mendekati Boediono yang dikawal petugas keamanan saat melintas di selasar masjid tersebut.

Karena menurut jadwal Boediono akan melakukan kampanye serupa di Palembang sehingga waktu untuk konferensi pers di masjid tidak ada. Konferensi pers disarankan berlangsung di Bandara Supadio Pontianak.

“Tetapi kami tidak mau kecolongan lagi, dan khawatir disana juga tidak bisa wawancara. Sehingga sambil berjalan berusaha mewawancarai Boediono,” katanya.

Calon wakil presiden Boediono sempat beristirahat di Sekretariat Masjid terbesar di Kalbar itu. Saat itulah, wartawan diizinkan untuk melakukan wawancara. “Tetapi ternyata hanya perwakilan, ketika saya akan masuk, tidak diperbolehkan lagi,” katanya.

Menurut dia, saat itulah terjadi saling dorong antara petugas keamanan dan wartawan yang mencoba masuk ruang sekretariat. “Tanpa saya sadari ada seseorang memukul pipi kiri saya,” ujarnya.

Rizky mengakui, akibat pukulan itu, bagian kiri pipinya mengalami lebam. “Kepala saya terasa pusing sehabis dipukul,” ujarnya.

Karena insiden itu, Rizky didampingi sejumlah wartawan yang juga pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pontianak, melapor ke Poltabes Pontianak. Rizky juga menjalani visum.

Seorang wartawan lain, Fahrurrozi dari harian Tribun Pontianak menyatakan pengawalan itu sangat ketat. “Belum menjadi wakil presiden sudah ketat begini. Apalagi kalau sudah jadi,” katanya.

Sekretaris AJI Kota Pontianak, Muhlis Suhaeri menyayangkan insiden pemukulan terhadap wartawan itu. Ia menyatakan, wartawan berhak melaporkan insiden itu kepada polisi dan proses hukumnya diserahkan kepada Poltabes Pontianak.

“Kita serahkan masalah ini kepada polisi. Insiden ini terkait dengan pelanggaran Undang-undang Pers. Pelaku pemukulan menghalangi tugas wartawan,” katanya.

Karena sudah jelas dituangkan dalam pasal 18, UU No 40 tahun 1999 tentang Pers. Sementara itu, staf Petugas Pelayanan Masyarakat Poltabes Pontianak, Brigadir (Pol) SR. Sembiring, mengakui telah menerima laporan pemukulan yang dialami oleh Rizky Wahyuni.

Ia mengatakan, korban kini sedang menjalani visum untuk mengetahui benar tidaknya telah menjadi korban kekerasan dengan cara dipukul pada bagian pipi kirinya sesuai laporan. ant


Sumber: Surya Online



Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP