Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Jumat, Agustus 14, 2009

Asvi: Seyogyanya Indonesia Raya Dinyanyikan Agar Elegan


Jumat, 14/08/2009 11:19 WIB

Niken Widya Yunita - detikNews

Jakarta - Tidak ada keharusan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam acara pidato kenegaraan presiden menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Namun seyogyanya lagu kebangsaan itu dinyanyikan agar elegan.

"Saya nggak tahu persis apakah itu masalah teknis saja atau memang disengaja. Memang tidak ada ketentuan, tidak ada keharusan untuk menyanyikan Indonesia Raya," ujar sejarahwan Asvi Warman Adam dalam perbincangan detikcom, Jumat (14/8/2009).

Asvi menilai, penyelenggara acara keterlaluan jika lupa tidak memasukkan lagu kebangsaan Indonesia untuk dinyanyikan pada acara resmi itu. Presiden dan DPR serta tamu yang datang sudah diatur untuk mengikuti acara dari penyelenggara.

"Itu keterlaluan juga. Penyelenggara acara yakni Sekretariat DPR dan Sekretariat Negara seharusnya memperhatikan ini," tegas dia.

Asvi menyarankan sebaiknya dalam acara kenegaraan yang resmi lagu Indonesia Raya tetap dinyanyikan.

Para penyelenggara acara kenegaraan sebaiknya tetap menyusun acara menyanyikan lagu Indonesia Raya. Meskipun demikian, tidak dinyanyikannya lagu itu tidak mengganggu keabsahan acara.

"Tapi ada sesuatu yang kurang, yakni kurang elegan. Sebaiknya ada lagu itu, ada gunanya juga untuk menggugah semangat yang hadir," tandas Asvi.

Ketua DPR Agung Laksono terpaksa meminta maaf atas kelalaian tidak menyanyikan Indonesia Raya dalam sidang paripurna hari ini. Lagu kebangsaan akhirnya dinyanyikan di akhir acara.
(nik/nrl)


Sumber: detikNews



Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP