Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Rabu, September 09, 2009

Mendiknas dan Gubernur Pantau Sekolah Rusak Akibat Gempa

Oleh : Syahdan Alamsyah | 05-Sep-2009, 23:11:13 WIB

KabarIndonesia - Dana sebesar Rp 2 miliar dipersiapkan untuk bantuan tanggap darurat bagi seluruh sekolah rusak akibat gempa bumi. Hal ini dituturkan oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Bambang Sudibyo saat mengunjungi sejumlah sekolah rusak di wilayah Kabupaten Sukabumi, Sabtu (5/9) siang kemarin.

"Dana tanggap darurat senilai Rp 2 miliar ini untuk menangani sekolah rusak akibat gempa,’’ jelas Bambang Sudibyo yang didampingi Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Bupati Sukabumi Sukmawijaya saat meninjau SMPN 1 Cibadak Kabupaten Sukabumi. Selain itu pemerintah pusat juga menyediakan dana rehabiilitasi dan perbaikan sekolah rusak mencapai Rp 22 miliar.

"Fokus perbaikan yang dialokasikan pemerintah pusat adalah sekolah yang hancur dan rusak berat. Sedangkan sekolah yang mengalami rusak ringan akan dibantu perbaikannya oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kota dan Kabupaten," beber Bambang.

Saat ini pihaknya masih melakukan inventarisir jumlah sekolah rusak akibat gempa di sejumlah daerah.

"Setelah langkah tanggap darurat, maka akan dilakukan sistem perencanaan rehabilitasi dan rekonstruksi gedung sekolah yang rusak, baik oleh pemerintah pusat, Pemprov, Pemkab/Pemkot serta sekolah,’’ tandasnya.

Diharapkan proses rehabilitasi tersebut akan selesai pada tahun 2010 mendatang. Selain menjanjikan bantuan, Mendiknas secara simbolis memberikan bantuan tas dan perlengkapan belajar kepada para pelajar korban gempa kepada Bupati Sukabumi, Sukmawijaya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Zaenal Mutaqin menuturkan bahwa data kerusakan sekolah di Kabupaten Sukabumi hingga 3 September 2009 telah mencapai 54 sekolah dengan berbagai kerusakan. Di SMP I Cibadak sendiri ada dua lokal yang mengalami rusak parah.

"Sekitar 48 lokal mengalami rusak parah dan 50 lebih mengalami rusak sedang," katanya.

Namun data tersebut dimungkinkan bisa bertambah karena masih ada masukan-masukan lain. Beliau juga mengharapkan agar jumlah kerusakan sekolah tidak bertambah lagi.

"Untuk jumlah anggaran, pihaknya harus memverifikasi kerusakan sekolah dan tetap berkoordinasi dengan pihak Provinsi dan pusat. Insya Allah tak sampai dua bulan sekolah yang rusak dapat segera diperbaiki," harapnya.

Sementara itu Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan bahwa sebanyak 1.314 sekolah di wilayah Jawa Barat rusak terkena guncangan gempa.

"Dari data Satkorlak Jabar, jumlah sekolah yang hancur mencapai 32 sekolah roboh atau rusak berat mencapai 674 unit dan sekolah rusak ringan sebanyak 608 sekolah,’’ tandas Ahmad Heryawan.

Informasi tersebut berasal dari 12 Kabupaten/Kota di Jabar. Menurut Heryawan, jumlah sekolah rusak paling banyak terjadi di Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Garut. Sementara itu Kota Bandung, Subang dan Bekasi hingga kini belum melaporkan kerusakan meskipun di sana ada juga sekolah yang rusak akibat gempa.

"Karena masih tanggap darurat, maka para pelajar yang sekolahnya rusak untuk sementara belajar di dalam tenda,’’ tutur Heryawan.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk pengadaan tenda tersebut. Selain itu Heryawan juga mengatakan bahwa bagi sekolah yang masih tersisa sejumlah gedungnya, maka dapat dilakukan sistem giliran waktu belajar. Setelah dari SMPN 1 Cibadak, Mendiknas bersama Gubernur Jabar langsung meneruskan perjalanan untuk meninjau sekolah rusak lainnya ke SDN Ratu Mandala 1 Surade, Kabupaten Sukabumi, SDN Citanglar 2 Surade, SMPN 2 Sindangbarang Cianjur dan SMPN 2 Cidaun Cianjur (*)






Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP