Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Rabu, Agustus 19, 2009

Mulai 'Indonesia Raya' Lupa Hingga Teleprompter Mati

Pidato Kenegaraan SBY

Rabu, 19/08/2009 14:20 WIB
Anwar Khumaini - detikNews

Jakarta - Setelah pidato kenegaraan kedua (14 Agustus) di Gedung DPR diwarnai 'insiden' lagu Indonesia Raya lupa dinyanyikan, maka dalam pidato terakhir di depan para senator SBY 'diganggu' oleh matinya teleprompter. Akibatnya, pidato SBY sempat berhenti satu menit, menunggu alat baca digital tersebut berfungsi kembali.

Awalnya, SBY dengan sempurna memberikan sambutan kepada ratusan anggota DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (19/8/2009). SBY tampak tidak seperti orang membaca, lantaran alat telepromter yang dipasang di depannya bisa menuntun kalimat demi kalimat yang muncul di alat yang biasa dipakai presenter TV untuk membaca berita tersebut.

Namun, namanya teknologi pasti ada cacatnya. Saat semangat memberikan sambutan, tiba-tiba, pettt, alat itu tidak memunculkan tulisan. Orang nomor satu di Indonesia ini pun terhenti berpidato. Namun SBY sama sekali tidak panik. Dengan tenang, dia menunggu. Hingga satu menit, akhirnya teleprompter berfungsi kembali. SBY akhirnya melanjutkan pidatonya.

Pada pidato tanggal 14 Agustus saat menyambut HUT RI, juga sempat ada gangguan yang membuat acara kenegaraan itu menjadi kurang afdhol. Lagu Indonesia Raya yang biasa dinyanyikan di awal dan akhir acara, lupa dinyanyikan di awal acara. Pro dan kontra pun bermunculan. Banyak yang mengkritik Sekjen DPR dan Ketua DPR Agung Laksono atas kesalahan fatal ini. Agung pun buru-buru minta maaf.

Namun permintaan maaf Agung tak menyelesaikan masalah. Kritikan demi kritikan keluar dari aggota DPR dari beberapa fraksi. FPDIP yang paling keras mengkritik. Bahkan FPDIP sempat meminta agar Sekjen DPR diberhentikan.

Berbeda dengan pidato kedua dan ketiga, pidato pertama SBY di Gedung DPR pada 3 Agustus lalu berjalan lancar. Dengan mengangkat tema soal APBN, SBY membuat mayoritas anggota DPR puas. Bahkan, anggota DPR yang juga suami Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas (TK), memuji-muji pidato SBY. Kata TK, pidato SBY pro rakyat.

Dalam sebulan ini, Presiden SBY sibuk dengan agenda pidato kenegaraan di Senayan. Bila tahun-tahun sebelumnya cukup sekali atau dua kali, maka untuk tahun 2009 ini sampai tiga kali. SBY melalui juru bicaranya, Andi Mallarangeng, mengaku sempat direpotkan dengan persiapan pidato yang banyak ini.

"Saat ini Presiden SBY sedang menyiapkan pidato di Cikeas. Cuma saat ini agak repot karena ada tiga pidato kenegaraan dalam satu bulan," kata Andi kepada detikcom, Kamis (13/9/2009) lalu.
(anw/nrl)

Sumber: detikNews



Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP