Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Jumat, Oktober 02, 2009

Jusuf Kalla: Rehabilitasi Gempa Butuh Dana Hingga Rp 4 Triliun

Jumat, 2 Oktober 2009 | 15:08 WIB |
Posts by: Sugeng Wibowo |
Kategori: Berita Terkini, Nasiona

JAKARTA | SURYA Online - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, dana untuk proses rehabilitasi seluruh bangunan dan infrastruktur yang rusak akibat gempa yang mengguncang beberapa daerah di Sumatera diperkirakan mencapai Rp 3 triliun hingga Rp 4 triliun.

“Tiga sampai empat triliun untuk rehabilitasi,” ucap JK menanggapi pertanyaan wartawan saat jumpa pers seusai shalat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (2/10). Ikut hadir menemani Menteri Agama Maftuh Basyuni serta Duta Besar Arab Saudi Abdurahman Moh Amin Al Khayyad.

Namun, kata Wapres, rehabilitasi merupakan tahap kedua yang akan dilakukan pemerintah setelah menyelesaikan tahap pertama, yaitu tanggap darurat. Untuk tahap pertama, pemerintah telah mengucurkan dana Rp 100 miliar. Dana itu untuk menyelamatkan seluruh korban selamat dengan menyuplai logistik baik makanan, obat-obatan, tempat tinggal sementara, dan sebagainya. “Setelah itu lalu rehabilitasi secepatnya,” kata JK.

Pendataan seluruh bangunan yang rusak, tambah JK, membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk mengetahui kerusakan dan total kerugian akibat gempa.

Ia mengatakan, bantuan dari berbagai negara terus mengalir pascagempa, seperti bantuan dari Jepang, Australia, Singapura, dan negara-negara sahabat lain. Pemerintah pun siap menerima bantuan dari negara asing.

Ketika ditanya mengenai perbedaan jumlah korban tewas yang cukup besar antara data Satkorlak dan data Depsos, menurut dia, sebaiknya data yang digunakan dari Satkorlak. “Satkorlak terdiri dari gubernur dan wali kota. Mereka yang paling bertanggung jawab,” kata dia.

JK pun meminta masyarakat untuk mendoakan seluruh korban gempa. “Kita semua turut berduka cita dan mendoakan keluarga kita yang menjadi korban gempa,” tutur JK. c8-09/kcm


Sumber: SURYA Online



Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP