Kami Mengucapkan Terimakasih kepada Semua Pihak yang telah membantu Menyukseskan Perhelatan Akbar
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2009

di Jakarta 3 s.d. 9 Agustus 2009

Sampai Ketemu di OSN Tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara

Headline News

NATIONAL NEWS

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Jumat, Mei 29, 2009

Lestarikan Budaya dengan Kreativitas FLS2N 2009 tingkat SMP se-Sulsel

Y U H A R D I N
CEO Script InterMedia
M : +62813 4253 2737

Kamis, 14-05-2009

RATUSAN siswa sekolah menengah pertama (SMP) se-Sulawesi Selatan mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2009 tingkat SMP tingkat provinsi yang dipusatkan di Pondok Madinah, Sudiang, 8-12 Mei lalu.

LS2N merupakan ajang kompetisi yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Pada ajang ini diadakan berbagai lomba dan kompetisi antarsekolah khususnya di bidang seni dan budaya.

Ada delapan bidang yang diperlombakan, yaitu baca Alquran, story telling, menyanyi solo, vocal group, kriya, seni tari, cerita cerpen, dan musik tradisional.

Melalui FLS2N ini, siswa tingkat SMP bisa mengembangkan dan mengekspresikan bakat. Ada ruang untuk menunjukkan kreativitas dan potensi putra-putri generasi muda Sulsel.
Selain itu, mengajak generasi muda untuk melestarikan budaya dan seni Sulsel serta menuntun mereka lebih mencintai lingkungan.

Karena kebudayaan dan kesenian merupakan salah satu unsur pendorong pertumbuhan di segala bidang kehidupan.

Pemanfaatan kebudayaan secara efektif akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kreatif.

Makanya, dalam kompetisi tersebut, sebagian besar peserta datang dengan kebudayaan daerah masing-masing.

Dengan bangga memperlihatkan seni dan pakaian tradisional uang unik dan mengagumkan. Meski demikian, mereka tetap bersatu sebagai putra Sulsel dan cinta Indonesia.
"Kita lihat semangat anak-anak mengikuti lomba ini sangat tinggi. Bakat dan potensi kreativitas mereka sungguh luar biasa. Inilah ruang kreativitas mereka," kata ketua panitia, Abdul Salam Soba.

"Lomba ini juga untuk menanamkan kepada generasi muda agar terus melestastikan budaya dan seni tradisional Sulsel, agar tidak punah seiring dengan perkembangan zaman yang kian modern," lanjutnya.(apriani landa)

Target Peringkat Lima di Jogyakarta
SULSEL menargetkan untuk bisa mempertahankan peringkat di tingkat nasional. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2009 akan digelar di Jogya, 1-5 Juni mendatang. Pemenang pertama untuk masing-masing lomba akan mewakili Sulsel pada tingkat nasional di Jogyakarta.

Target kita di level nasional tentu akan mempertahankan peringkat. Tapi kita berusaha agar bisa naik dari peringkat tersebut," kata Ketua Panitia, Abdul Salam Soba Mpd.
Pada FLS2N 2008 lalu, Sulsel berada di peringkat kelima dengan tiga medali emas. Salam berharap tahun ini, jumlah perolehan medali emas bisa bertahan.

Bidang yang diunggulkan untuk meraih medali emas adalah kerajinan atau seni kriya dan seni tradisional. Juga untuk nyanyi solo sepertinya memberika harapan untuk meraih emas tahun ini.

"Kemampuan siswa sekarang makin bagus. Kita tetap optimis bisa meraih hasil yang baik dan menjalankan misi dan visi pemrov bahwa setiap perlombaan, Sulsel harus tetap berada dalam 10 besar nasional," katanya.(nda)

Makassar Dominasi Juara
PADA Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2009 tingkat SMP tingkat provinsi, Kota Makassar masih mendominasi daftar pemenang. dari delapan bidang yang diperlombakan, Makassar meraih lima medali emas dan satu perak.

Makassar meraih medali emas pada bidang baca Alquran untuk Qoriah atas nama Wardah W, Lomba Nyanyi Solo atas nama Rudybriadi B Rerung, Vocal Group, Seni Tari, dan Musik Tradisional.

Urutan kedua adalah Kabupaten Gowa dengan dua emas dan dua perunggu. Medali emas dipersembahkan melalui lomba Kriya dan cerita cerpen. Sedangkan medali perunggu dari bidang musik tradisional dan nyanyi solo.

Toraja di urutan ketiga dengan satu emas dan tiga perak. Medali emas dipersembahkan Andi Anisa Nasir melalui bidang story telling. Medali perak diraih melalui lomba nyanyi solo atas nama Milani Tulak Sarrung, lomba vocal group, dan seni tari.(nda)

Selamatkan Bumi, Pakai Barang Bekas
LOMBA seni Kriya mengambil tema Selamatkan Bumi-Ku. Dengan tema ini, selain mengukur kemampuan siswa, juga mengajak generasi muda untuk lebih mencintai lingkungan dan menyerukan antiglobal warming.

Oleh karena itu, melalui lomba kriya, peserta yang datang membawa sendiri bahan kreasi mereka, menggunakan bahan dari barang bekas.

Seperti bekas gelas minuman, batang pohon bambu yang sudah kering, buah bilah yang dikeringkan, batok kelapa, kulit kayu, sampai kulit telur.

Seperti pekerja seni profesional, mereka mengolah bahan-bahan sederhana itu menjadi kreasi seni yang luar biasa.

Ada yang membuat hiasan dinding, pot bunga, miniatur kapal phinisi. Tidak hanya itu, bahan-bahan mereka juga mendapat sentuhan ukiran dan aksesoris, yang membuat karya itu makin indah.(nda)

Karantina Sebelum Ke Jogya
UNTUK memantapkan kemampuan, Diknas Sulsel akan mengkarantina sembilan siswa yang menjadi wakil Susel di level nasional.

Menurut ketua panitia, Abdul Salam Soba, sebelum berangkat, wakil Sulsel termasuk pembimbing masing-masing lomba akan dibina selama 10 hari.
"Kita akan membina dan mengkarantina mereka selama 10 hari, mulai 22 Mei-31 Mei nanti. Malamnya, kita langsung berangkat ke Jogya," kata Salam yang juga Kepala Seksi Pembinaan Manajemen Sekolah Sub Bidang PendidikanAgama dan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Sulsel.

Wakil Sulsel ini nantinya akan dibina dan dikarantina di Hotel Mutiara yang ada di Sudiang. Di sana, siswa-siswi mendapat pembinaan ekstra demi meningkatkan kemampuan mereka sebelum menghadapi kompetisi yang lebih berat.(nda)

Penjelasan Panitia
Tugas Berat
FLS2N merupakan sarana bagi siswa SMP untuk mengembangkan bakat mereka. Di samping itu, tentu mengajak mereka untuk lebih mencintai seni dan budaya tradisional Sulsel.

Kita tentu harapkan melalui kegiatan ini, kreativitas mereka dibidang seni dan budaya makin meningkat. Karena kreativitas mereka ini bisa menjadi potensi untuk masa depan mereka.

Tugas mereka belum selesai sampai di sini, karena selanjutnya mereka akan ke tingkat nasional yang akan digelar di Jogya. Tentu ini adalah tugas berat, namun kita bertekad untuk menampilkan yang terbaik.

Target kita minimal mempertahankan peringkat yang telah diraih tahun lalu. Kalau bisa peringkatnya naik, tentu lebih baik lagi.(nda) ()




Bookmark and Share


Berita terkait:



0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP